Peluang Usaha Investasi Online Terpercaya
investasijutawan.com

Investasi Emas Memproteksi Kekayaan Dalam Jangka Panjang


Investasi emas menjadi investasi strategis untuk investasi jangka panjang. Emas sebagai pelindung nilai harta dari inflasi, emas tidak membuat Anda makin kaya, tapi emas membuat Anda tetap kaya.

Emas adalah salah satu logam mulia yang sangat berharga. Di Indonesia terdapat banyak lumbung emas. Lumbung emas yang ada di Indonesia tersebar di Pulau Jawa, Sumatera, Kalimantan hingga Papua. Namun, pengelolaan tambang emas yang ada di Indonesia masih dikuasai oleh pihak asing. Diperkirakan hanya satu BUMN yang mengelola tambang emas, yaitu PT Aneka Tambang.

investasi emas

Sebagai logam mulia, emas memiliki nilai tersendiri. Bahkan, sebelum ada uang sebagai alat tukar resmi, emaslah yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari sebagai alat tukar. Emas yang diambil dari tambang kemudia diolah agar nilainya menjadi lebih berharga.

Karena memiliki nilai yang tinggi, emas menjadi salah satu bentuk investasi pilihan banyak orang. di saat banyak jenis investasi yang mengalami penurunan, investasi emas seakan tidak pernah terkoreksi. Malahan, sekarang ini, nilai emas mulai digandrungi oleh para investor sebagai salah satu bentuk investasi utama.

Melakukan investasi dalam bentuk emas merupakan cara yang sangat baik untuk menguatkan kekayaan. Nilai atau harga emas relative jauh lebih stabil dan aman jika dibandingkan dengan jenis investasi yang lainnya. Bisa dikatakan bahwa emas merupakan investasi strategis untuk investasi jangka panjang.

Hal ini dikarenakan kenaikan kenaikan harga logam mulia cenderung pelan. Investasi di emas ini sangat praktis karena dapat dilakukan oleh semua kalangan, Untuk memulai investasi di emas pun dapat dilakukan dengan membeli emas dengan nilai satu gram.

Melakukan investasi di emas dapat dilakukan dengan berbagai bentuk. Misalnya, emas batangan, emas simpanan, reksa dana emas, saham pertambangan emas, emas berjangka, perhiasan, dan koin emas. nah, berikut ini penjelasan mengenai cara melakukan investasi dalam bentuk emas.

1. Emas Batangan

investasi emas batangan

Salah satu cara melakukan investasi di emas adalah dalam bentuk batangan. emas batangan dapat dikatakan sebagai bentuk investasi paling baik di antara yang bentuk emas lainnya. Emas batangan berbeda dengan emas yang sudah dalam bentuk perhiasan. Emas batangan lebih mudah untuk dijual kembali. Selain itu, emas batangan tidak memerlukan ongkos pembuatan seperti yang dibebankan pada emas perhiasan. emas batangan adalah barang paling ideal untuk dijadikan investasi Kenapa bisa demikian? karena memang emas batangan memiliki kadar nilai yang tinggi. Hanya saja jika anda menyimpan emas batangan, rajin-rajinlah mengantisipasi kerugian karena perubahan kurs rupiah terhadap dolar Amerika Serikat ternyata disebut-sebut sebagai masalah utama dalam hal emas batangan. Pasalnya, boleh saja dalam mata uang dolar harga emas meningkat. Akan tetapi, jika memang pada saat yang bersamaan kurs rupiah ikut menguat bahkan tinggi terhadap dolar, yang terjadi adalah peningkatan tersebut tidak akan terlalu membawa pengaruh besar dalam mata uang rupiah Indonesia. Oleh karena itu, jika Anda ingin melakukan investasi, tidak ada salahnya mencoba emas dalam bentuk emas batangan.

2. Emas Simpanan

Menyimpan emas secara fisik di rumah memang sangat berisiko. Risikonya antara lain rusak atau dicuri. Oleh kerena itu, akan lebih baik menyimpan emas secara fisik di bank dengan fasilitas safe deposit box. Cara itu merupakan cara terbaik.

3. Emas Reksa Dana

Reksa dana emas merupakan salah satu alternative lain untuk berinvestasi. Anda tidak perlu memegang emas dalam bentuk fisik. Walaupun tidak memegang dalam bentuk fisik, tapi tetap mendapatkan manfaatnya. Biasanya, reksa dana emas tidak ditanamkan pada perdagangan emas fisik, tapi juga melibatkan transaksi saham perusahaan-perusahaan tambang emas. Sebelum melakukan investasi dalam bentuk reksa dana emas, ada hal-hal yang harus dipertimbangkan, antara lain biaya pengelolaan, beban dana, dan nilai aktiva bersih.

Jika ingin melakukan investasi dalam bentuk reksa dana emas, lakukan konsultasi dengan penasihat keuangan penyedia jasa reksa dana sebelum memutuskan mengambil cara ini sebagai bentuk investasi emas. Reksa dana emas dapat memberikan kestabilan dalam berinvestasi, tapi emas fisik jauh lebih stabil dibandingkan dengan reksa dana emas. Namun, bentuk investasi reksa dana emas belum populer di kalangan investor di Indonesia.

4. Emas dalam Bentuk Saham Pertambangan Emas

Salah satu bentuk investasi ainnya adalah investasi saham pertambangan emas. Para investor yang ingin melakukan investasi tanpa ingin memiliki emas secara fisik dapat memilih jenis investasi yang seperti ini. Para calon investor dapat membeli saham-saham perusahaan tambang emas. Dengan investasi model ini, para investor berharap harga saham perusahaan tambang emas naik karena efek kenaikan harga emas di pasaran. Akan tetapi, dua peristiwa tersebut tidak selalu sejalan.

Dengan seperti ini, calon investor dapat memperkirakan keberhasilan saham dan keuntungan yang akan didapatkan. Caranya dengan memeriksakan biaya-biaya produksi emas dengan harga emas. Contohnya, jika emas harga emas senilai US $700 per ons dan biaya produksi emas US $300, maka margin keuntungan perusahaan tambang emas sekitar US $400.

5. Emas dengan Cara Exchange Trader Fund

Salah satu jenis investasi emas adalah dengan cara ETF atau Exchange Trade Fund. ETF atau Exchange Trade Fund merupakan jenis reksa dana yang diperjualbelikan di lantai bursa saham. Para investor bis melakukan transasksi ETF emas dengan reksa dana berbasis emas. Namun saying, investasi bentuk ini di Indonesia belum berjalan.

6. Emas Berjangka

Emas berjangka merupakan istilah alternative untuk melakukan investasi tanpa harus memiliki fisik emasnya. Jual beli emas berjangka membutuhkan kontrak dengan jangka waktu tertentu. Harganya pun dinyatakan dalam surat kontrak.

Jika harga emas pada tanggal kontrak lebih tinggi dari harga emas saat kontrak dibuat, para investor akan memperoleh keuntungan. Namun, jika harga lebih rendah, investor akan mengalami kerugian. Bisa dikatakan bahwa investasi emas berjangka memiliki risiko paling tinggi karena investor harus memperkirakan gerak harga emas ke depan.

7. Emas dalam Bentuk Perhiasan atau Koin

Investasi dalam bentuk perhiasan merupakan bentuk investasi emas yang banyak dilakukan. Biasanya, emas dalam bentuk perhiasan ini dilakukan oleh ibu-ibu. Tapi, kaum pria pun banyak yang membeli emas dalam bentuk perhiasan. Namun, investasi dalam bentuk perhiasan ini hanya memiliki keuntungan yang kecil. Sementara itu, investasi dalam bentuk koin emas cukup memiliki nilai. Selain nilai emas yang terkandung, juga nilai kelangkaan yang dimiliki koin emas tersebut.

 

Keuntungan Berinvestasi di Emas

Investasi emas banyak dipilih oleh para investor karena nilainya yang cenderung stabil dan naik. Jarang sekali didengar harga emas mengalami penurunan. Selain itu, emas pun digunakan sebagai alat untuk mencegah laju inflasi yang selalu terjadi setiap tahun. Salah satu instrument investasi yang digemari dan memiliki prospek yang bagus adalah emas batangan dan perhiasan. Emas batangan bentuknya seperti balok pipih. Biasanya kadar emas batangan antara 22 karat atau 24 karat.

Dengan melakukan investasi di emas dalam bentu fisik, kita mendapatkan berbagai keuntungan, di antaranya:

Melindungi kekayaan.
Memiliki risiko yang rendah.
Asetnya nyata.
Mudah dicairkan.
Hak kepemilikan.
Bebas pajak.

Nah, itulah cara-cara berinvestasi emas yang bisa dilakukan. Semua bergantung pilihan Anda. Sebelum memutuskan untuk melakukan investasi, pikirkan matang-matang dan konsultasikan terlebih dahulu bentuk investasi mana yang cocok dan Anda inginkan. Jadi, segeralah untuk melakukan investasi emas karena investasi ini akan memberikan nilai positif bagi sektor financial Anda. Selamat berinvestasi !

Tag : investasi, investasi emas